Tren Acara Insentif  Perusahaan 2024, Panduan Event Organizer Merancang Event yang Berkesan - Watermark | PT. Sinematik Anak Bangsa
20280
post-template-default,single,single-post,postid-20280,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-3.0.1,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.5.5,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,columns-4,qode-theme-ver-28.6,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.7.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-457

Tren Acara Insentif  Perusahaan 2024, Panduan Event Organizer Merancang Event yang Berkesan

Tren Acara Insentif  Perusahaan 2024, Panduan Event Organizer Merancang Event yang Berkesan

Program acara insentif adalah acara yang dibuat khusus oleh perusahaan atau event organizer untuk memotivasi, melibatkan dan memberi penghargaan kepada karyawan serta menumbuhkan ikatam tim yang lebih kuat. Program ini diharapan dapat meningkatkan kinerja para pegawai.

Namun menghasilkan ide acara yang segar, baru dan inovatif tidaklah mudah. Karena program acara insentif perusahaan seringkali menjadi agenda tahunan, ini menjadi tantangan tersendiri khususnya jika semua jenis acara sudah pernah dibuat.

Karena itu perusahaan membutuhkan Event Organizer sebagai pihak ketiga. Kehadiran mereka dapat memberikan pandangan baru mengenai tren-tren event terkini. Sehingga acara yang akan Anda buat tidak monoton dan membosankan.

Tren Acara Insentif Perusahaan 2024

Liburan atau piknik bareng keluarga besar perusahaan masih menjadi pilihan utama para perusahaan dalam memberikan insentif karyawan. Namun jika setiap tahun agenda yang dilakukan sama, acara insentif yang sudah dipersiapkan matang ini tidak lagi terasa spesial.

Karena itu dibutuhkan penyegaran dan keberanian bagi perusahaan untuk keluar dari zona nyaman. Sebab selain liburan dan tamasya ada berbagai ide atau tren acara insentif lain yang layak di coba, berikut adalah tren acara insentif perusahaan 2024, panduan merancang event berkesan.

1. Mengedepankan Gaya Hidup Sehat

Bersepeda dan berlari kini tengah menjadi tren dikalangan anak muda. Setiap orang berlomba melengkapi setiap kebutuhan olahraganya mulai dari membeli gir yang mahal hingga sepatu lari eksklusif. Perusahaan harus mulai melirik trend ini.

Dibanding mengajak berlibur seharian, lebih baik mengadakan acara gowes bareng atau jika memiliki dana lebih adakan kegiatan marathon, sediakan hadiah cash maupun berupa material yang dibutuhkan para karyawan.

Selain meningkatkan kelekatan antar karyawan, cara ini juga memberikan keuntungan tambahan bagi perusahaan karena exposure yang didapat dari aktifitas peserta aktif di media sosial.

Selain sepeda dan lari, ada beberapa pilihan olahraga lain yang juga sering jadi pilihan untuk acara insentif yakni senam, yoga, pound fit dan mendaki gunung.

2. Kegiatan Sosial

Tidak banyak perusahaan yang bersedia mengadakan acara insentif dengan tema kegiatan sosial. Padahal event seperti ini juga dapat bermakna lebih bagi para karyawan. Namun memang tidak bisa diterapkan untuk semua pekerja, mungkin hanya beberapa yang terpilih saja.

Diprediksi acara insentif yang berfokus pada tanggung jawab sosial dan membantu masyarakat akan menjadi pusat perhatian pada tahun 2024.

Menurut data dari The Lewis Institute for Social Innovation menyebut bahwa agenda CSR ( corporate social responsibility ) dapat meningkatkan produktivitas karyawan sebesar 13%, dan meningkatkan keterlibatan karyawan hingga 7,5%. 

Melalui event CSR karyawan semakin berusaha untuk mengulurkan tangan mereka untuk tujuan yang baik dan merasa telah memberikan dampak positif. Menggabungkan kegiatan berbasis komunitas dan lingkungan sukarelawan dalam keseluruhan agenda acara, dan memberikan informasi terbaru pasca acara kepada peserta tentang dampak jangka panjang yang telah mereka buat selama berada di sana dapat menjadi inisiatif yang hebat.

Sebenarnya ada banyak ide acara berbasis komunitas dan inisiatif keberlanjutan yang dapat dirancang untuk menjadi acara insentif, 

Wisata penanaman karang di lepas pantai misalnya, mendidik peserta tentang rehabilitasi terumbu karang lokal, sekaligus menumbuhkan kedekatan antar tim. Jadi jangan ragu untuk mulai merancang acara yang berbeda dan lebih bermakna dari sekedar liburan dan senang-senang.

3. Kegiatan Berbasis Teknologi

Tidak mengherankan bahwa teknologi dan media sosial akan terus memainkan peran besar dalam acara dan perjalanan insentif pada tahun 2024. Penyelenggara acara akan berinvestasi lebih banyak untuk membuat acara mereka ramah teknologi dan akan mulai menggabungkan teknologi baru (hybrid).

Anda dapat merancang event insentif berbasis teknologi seperti membuat lomba video dan foto terbaik. Atau memberikan penghargaan kepada karyawan yang gemar memberikan hal-hal positif terkait pekerjaan di media sosialnya.

Media sosial tetap menjadi bagian utama dari acara insentif dan perjalanan. Ada banyak cara untuk memanfaatkan kekuatan media sosial dan teknologi untuk lebih melibatkan mereka yang terlibat dalam program insentif Anda, sekaligus menciptakan rasa FOMO yang nyata bagi mereka yang kembali ke kantor.

Konten yang dibuat pengguna ini juga akan berfungsi sebagai motivator yang kuat bagi karyawan setiap tahun saat mereka bekerja keras untuk meraih tempat terbaiknya.

4. Kunjungan Wisata

Jika event organizer tidak memiliki ide luar biasa dan unik, kunjungan wisata selalu jadi alternatif terakhir. Memilih destinasi wisata terdekat adalah keputusan tepat. Selain skala budget lebih ringan, pekerja pun tetap menikmati waktu bersenang-senangnya. Berkemah, belibur ke pantau atau kebun binatang biasanya jadi pilihan utama perusahaan untuk event insentifnya.

Anda juga bisa mencontek cara tersebut, untuk memberikan apresiasi lebih Anda dapat memberikan tiket tambahan agar para pekerja dapat mengajak para keluarga terdekat. Cara ini akan membuat karyawan merasa dihargai dan menjadi bagian dari keluarga di dalam perusahaan.

5. Pendidikan

Event insentif tidak meski bersifat menghibur, perusahaan juga boleh memilih cara lain misalnya memberikan akses pendidikan tinggi kepada beberapa karyawan terpilih. Anda dapat memberikan beasiswa sekolah yang lebih tinggi, seminar pengembangan diri, kursus teknologi terbarudan dan berbagai pilihan pengembangan diri lainnya.

Pendidikan menjadi alternatif yang baik jika budget yang Anda milik tidak banyak, namun tetap ingin menghasilkan acara yang berdampak. Namun pastikan apa yang akan Anda beri benar-benar dibutuhkan dan disukai karyawan. Lakukan riset kecil terhadap tim mengenail skill apa saja yang mereka ingin kembangkan untuk menunjang kinerja, dengan begitu event yang digelar dapat bermanfaat.

Itulah beberapa tren event insentif perusahaan 2024 atau yang dihandle event organizer . Jika mengalami kesulitan merancang ide acara yang berbeda konsultasikan kepada Watermark Indonesia, yang telah berpengalaman menciptakan event-event insentif diberbagai industri. Anda hanya perlu mengutarakan tujuan event, Watermark Indonesia yang akan bantu mewujudkannya.

No Comments

Post A Comment

Connect to WTM Team
Need help? Chat with Us...
Start A Conversation.
Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp.