18 Mar Rahasia Suksesnya Event Virtual, ini 4 Skill yang Wajib di Kuasai Brand dan Event Organizer Masa Kini

Babak baru dalam industri event telah dimulai. Banyak hal telah berubah termasuk bagaimana cara membuat event sendiri. Seiring dengan kemajuan teknologi event organizer tidak lagi terbatas pada kegiatan mengumpulkan orang dibeberapa tempat saja.
Kini, bentuknya berkembang lebih luas dari konferensi bisnis hingga pameran dahang virtual. Bahkan konser musik saja bisa kita buat secara hybrid dengan mengkolaborasikan berbagai teknologi yang ada.
Bentuk event yang beragam memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para marketer baik dari brand maupun event organizer untuk menciptakan event yang berkesan dan up to date.
4 Skill yang Wajib Dikuasi Brand dan Event Organizer Masa Kini
Perubahan besar dalam industri event organizer sayangnya sulit diikuti oleh mereka yang bersikukuh menggunakan tradisi lama, misalnya berkutat pada event offline.
Jika enggan tertinggal para marketer harus meningkatkan keterampilan. Berikut adalah 4 skill yang wajib Anda kuasai untuk menciptakan event masa kini yang berkesan:
1. Event Organizer Produksi Acara 101
Menurut Outlook Masa Depan Industri Acara 2021 dari EventMB, hanya 53% profesional acara yang mengaku paham dengan teknologi acara virtual. Jumlah ini cukup kecil mengingat pelaku industri event jumlahnya sangat banyak.
Membngun event ditengah kemajuan teknologi ini Anda harus mampu menguasai berbaga teknologi dan mampu bekerja dengan audio, video, cahaya, penyiaran, dan platform acara virtual.
Selain itu perusahaan juga harus sudah mempersiapkan diri dengan penambahan berbagai teknologi yang menunjang terselenggaranya event berbasis teknologi yakni virtual dan hybrid. Salah satunya dengan melengkapi studio dan desain set.
2. Digital Content
Event offline dan online punya perbedaan signifikan. Sehingga tidak mungkin menerapkan strategi dan proses tatap muka pada pengalaman virtual dan digital.
Inilah sebabnya mengapa pemasar atau penyelenggara acara harus menguasai strategi konten digital. Dalam lingkungan acara virtual, peserta tidak lagi terganggu oleh acara tatap muka dari tempat yang besar dan bising yang dipenuhi dengan sesi, aula pameran, dan banyak peserta lainnya. Fokus mereka akan sepenuhnya pada konten yang Anda berikan dan pengalaman yang Anda kurasi.
Sebagai ahli strategi konten digital, Anda akan mempelajari cara:
- Membuat konten yang mendukung tujuan acara Anda
- Membuat konten Anda lebih mudah diakses dan partisipatif
- Merencanakan pengiriman konten untuk mengakomodasi perilaku daring
3. Analisis Data
Salah satu manfaat keunggulan dari event organizer untuk acara virtual bagi pemasar atau penyelenggara acara adalah kemampuan mengumpulkan data. Kita dapat melacak pergerakan dan tindakan yang dilakukan oleh peserta secara real-time sesuatu yang tidak mungkin dilakukan dengan acara tatap muka. Anda akan dapat melihat berapa lama peserta bertahan di acara Anda, sesi mana yang paling menarik minat, format konten mana yang mendapatkan tingkat keterlibatan lebih tinggi, dll.
Namun, hal ini hanya dapat menghasilan input postif jika ditunjukan dengan kemampuan memahami alat analisis untuk memanfaatkan data yang Anda kumpulkan, membuat perubahan dengan cepat, dan meningkatkan ROI acara virtual di masa mendatang.
4. Manajemen Pembicara
Pembicara atau MC pada acara tatap muka memberi pengaruh besar pada jalannya acara. Namun tim memerlukan upaya lebih kerasa jika event dibuat virtual.
Pembicara yang tidak terbiasa dengan platform virtual akan memerlukan bantuan untuk mengakses dan memanfaatkan fitur-fiturnya untuk presentasi mereka. Luangkanlah waktu untuk mengajak para pembicara mengenal platform dan alat yang dapat mereka gunakan untuk mendorong partisipasi audiens yang lebih baik.
Itulah 4 skill yang harus dikuasai oleh brand maupun event organizer jika menginginkan acara virtualnya berjalan sukses.
No Comments