Kiat Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Event - Watermark | PT. Sinematik Anak Bangsa
Watermark, Watermark Indonesia, Event Organizer Jakarta, EO, Production House Jakarta, Best Event Organizer, Jasa Event Organizer
Watermark Indonesia, Event Organizer Jakarta, EO, Production House Jakarta, Best Event Organizer, Jasa Event Organizer
19930
post-template-default,single,single-post,postid-19930,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-3.0.1,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.5.5,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,columns-4,qode-theme-ver-28.6,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.7.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-457

Kiat Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Event

Kiat Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Event

Bagi sebuah brand membangun hubungan dengan pelanggan adalah kewajiban utama. Bagaimana pelanggan percaya dengan produk yang dijual menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah marketing produk membangun pelanggan yang loyal.

Hanya saja menciptakan pelanggan loyal ini juga membutuhkan banyak usaha. Di era digital seperti sekarang ini ada banyak cara membangun loyalitas pelanggan, bisa melalui media sosial maupun perancangan acara yang berkesan dari jasa event organizer.

Salah satu cara yang dianggap masih ampuh membangun customer loyalty adalah event. Cara ini memberi brand kesempatan untuk berkomunikasi dan terhubung dengan pelanggan. Hubungan ini akhirnya dapat membangun kepercayaan dan mendorong terjadinya pembelian.

Faktanya, 98% konsumen mengatakan bahwa mereka lebih cenderung membeli produk perusahaan setelah setelah menghadiri suatu acara salah satunya pameran.

Lantas bagaimana memanfaatkan acara untuk memperkuat merek? Apa yang dapat dilakukan untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan saat ini?

Berikut adalah beberapa kiat dan trik membangun loyalitas pelanggan melalui event:

1. Pahami Audiens dan Buatlah Acara yang Sifatnya Lebih Personal dalam Lingkup Terbatas

Agar acara lebih efektif dalam mengembangkan loyalitas pelanggan, sebaiknya bangunlah acara yang lebih personal dan eksklusif dan tentu saja harus menarik bagi para peserta. Tidak ada cara efektif lain untuk melakukan hal ini selain memahami audiens berdasarkan demografi, preferensi, minat, perilaku, dan faktor relevan lainnya.

Setelah memahami betul audiens yang menjadi target, buatlah beberapa ceklis seperti gaya komunikasi, aktivitas menarik, serta cara berinteraksi dengan pelanggan lama. Hal ini bukan saja penting untuk mendatangkan pelanggan baru, namun juga efektif menjaga hubungan baik dengan customer lama.

Buatlah pelanggan merasa dihargai agar terbangun hubungan yang lebih kuat, sehingga meningkatkan loyalitas dalam jangka panjang.

2. Fokus pada Keterlibatan Audiens dengan Acara

Saat ingin mendapatkan loyalitas pelanggan, hal yang tak bisa diindahkan adalah melibatkan mereka secara langsung selama acara berlangsung. Iklan tak bisa lagi dilakukan hanya satu arah saja.

Karena itu event menjadi hal penting, karena pada saat itulah pelanggan dan brand bisa saling menyapa dan berkomunikasi langsung. Bangunlah berbagai aktifitas interaktif dan mengesankan bagi audiens seperti bincang-bincang dan atau bedah produk bersama.

Jalin hubungan emosional dengan pelanggan mendorong daya beli mereka dan sekaligus menciptakan iklan yang positif.

3. Tunjukkan Nilai Merek

Manfaatkanlah event untuk menampilan misi dan nilai merek. Kita dapat membangun identitas merek yang kuat dan menonjol. Hal ini dapat membantu mengembangkan kepercayaan dengan audiens yang dapat menghasilkan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi dan retensi yang lebih baik.

Menunjukkan nilai merek tidak melulu memperlihatkan keunggulan dari produk lain. Namun juga manfaat lebih yang ditawarkan bagi audiens. Jagalah image produk dengan mengusahakan untuk tidak menyerang produk lain ketika memperkenalkan produk.

4. Tawarkan Keuntungan Khusus

Agar target audiens lebih semangat menghadiri acara dan meningkatkan loyalitas mereka tawarkan beberapa manfaat eksklusif seperti diskon, merchandise eksklusif, atau akses awal ke produk atau layanan selama acara berlangsung.

Selain itu, kita dapat memberikan konten, wawasan, atau penghargaan berharga kepada peserta yang lebih dari sekadar pesan promosi. Pertimbangkan untuk membuat acara yang edukatif sehingga membuka pengetahuan praktis baru bagi audiens yang lebih bermanfaat.

5. Setelah Acara

Penting bagi brand untuk tetap berhubungan dengan pelanggan secara teratur untuk mengingat merek dan memperkuat loyalitas pelanggan. Di era digital saat ini, ada banyak cara untuk berkomunikasi dengan customer.

Kamu bisa membangun jaringan melalui email atau pesan pribadi . Menawarkan mereka diskon atau penawaran khusus secara berkala dapat memperkuat kepercayaan audiens. Bisa pula dengan memanfaatkan media sosial untuk menunjukkan bahwa brand peduli dan ingin membuat mereka tetap terlibat bahkan setelah acara selesai.

Bangunlah loyalitas pelanggan dengan cara yang tak terlupakan. Ada berbagai strategi yang bisa kamu aplikasikan. Namun lebih baik dikerjakan oleh ahlinya. Watermark Indonesia penyedia jasa event organizer yang dapat membantu kamu membuat event lebih berkesan.

No Comments

Post A Comment

Connect to WTM Team
Need help? Chat with Us...
Start A Conversation.
Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp.