Ini 7 Trik Membangun Brand Activation Melalui Event dan Ditangani Event Organizer Terpercaya - Watermark | PT. Sinematik Anak Bangsa
Berikut 7 trik yang bisa dilakukan agar brand activation bisa sesuai target, bisa melalui event yang dikelola dengan baik oleh event organizer atau melalui
event organizer, EO, event organizer Jakarta, jasa event organizer, video company profile, iklan, production house
19860
post-template-default,single,single-post,postid-19860,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-3.0.1,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.5.5,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,columns-4,qode-theme-ver-28.6,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.7.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-457,elementor-page elementor-page-19860

Ini 7 Trik Membangun Brand Activation Melalui Event dan Ditangani Event Organizer Terpercaya

Ini 7 Trik Membangun Brand Activation Melalui Event dan Ditangani Event Organizer Terpercaya

Ini 7 Trik Membangun Brand Activation Melalui Event dan Ditangani Event Organizer Terpercaya

Ilustrasi: Event untuk meningkatkan Brand Activation, dikelola oleh event organizer terpercaya

Bagi pegiat pemasaran istilah Brand Activation sudah tidak asing lagi. Istilah ini mengacu pada salah satu kampanye pemasaran yang melibatkan pelanggan atau calon pelanggan secara langsung. 

Brand Activation yang baik harus mampu meningkatkan kesadaran merek baik bagi pelanggan lama maupun baru, salah satunya dengan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan. Pengalaman ini berperan penting dalam menjalin hubungan emosional brand dengan pelanggan. 

Ada dua cara mengaplikasikan Brand Activation ini yakni secara daring (dalam jaringan dan luring (luar jaringan) atau yang biasa kita sebut dengan event offline.

Dibandingkan aktivitas secara daring, banyak yang mengakui kampanye atau iklan luring seperti konser dan pameran dapat memberikan kesan lebih mendalam, sebab kegiatan yang ditawarkan lebih interaktif , menarik serta melibatkan audiens secara langsung.

Namun rahasia sukses event tidaklah mudah. Ada beberapa langkah yang mesti dilalui agar dapat menciptakan aktivitas brand yang berkesan, salah satunya harus ditunjang dengan “ide kreatif”.

Ada 7 trik atau ide yang bisa ditiru untuk membangun Brand Activation melalui event

1. Memanfaatkan Teknologi Interaktif

Generasi Z adalah kelompok generasi yang akrab dengan teknologi. Jika kita ingin mendapatkan perhatian mereka maka penggunaan teknologi terbarukan wajib hukumnya. Misalnya kita dapat menggunakan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) yang dapat mengubah aktivasi merek menjadi pengalaman yang berkesan.

Teknologi ini memungkinkan brand menciptakan lingkungan yang kaya dan menarik yang menawarkan lebih dari sekadar tontonan visual—teknologi. Namun pastikan brand sudah menyiapkan tambahan ahli yang bertugas mengakomodir audiens agar dapat merasakan pengalaman tersebut. 

Sebab tak jarang beberapa pengunjung event tidak dapat menikmati acara yang disuguhkan karena organizer atau pengelola acara tak mampu mengakomodasi setiap kebutuhan teknologi sepanjang acara berlangsung.

Karena tidak semua event organizer (EO) berpengalaman menggunakan teknologi hybrid sebaiknya pilihlah yang sudah memiliki jam terbang tinggi dengan review baik salah satunya EO Watermark Indonesia.

2. Pahami Audiens

Ketika kita ingin menciptakan kampanye atau iklan yang berkesan, lakukan riset menyeluruh mengenai target audiens. Lakukan penelitian mendetail untuk memahami preferensi, perilaku, dan harapan mereka terhadap brand.

Riset yang mendalam akan membantu kita membangun aktivitas merek yang tidak hanya menarik perhatian tetapi juga menyentuh kebutuhan dasar audiens. Sebaiknya berbagai avent baik terkait peluncuran produk maupun penjualan dibuat dengan nilai-nilai dan gaya hidup target audiens. Salah satu yang tidak kalah penting juga adalah pemilihan host atau pembawa acara.

Menunjuk host yang berpengalaman atau mengerti produk yang sedang dikenalkan dapat menciptakan pengalaman menarik bagi audiens. Host terbaik akan terlihat dari cara bersikap, berdiskusi dan membawa suasana. Lebih baik lagi jika audiens sudah mengenal betul host yang kita pilih.

Terlebih jika acara yang berlangsung menggunakan teknologi hybrid misalnya VR, maka host yang ditunjuk harus minimal pernah mencoba teknologi ini agar bisa memberikan ulasan langsung kepada para audiens.

Host yang kurang mengerti mengenai seluk beluk acara yang tengah berlangsung akan sulit memancing riuh penonton, sebab ia tidak bisa bercerita soal hal-hal luar biasa mengenai produk yang tengah ditawarkan dalam acara tersebut.

Jika tak ingin repot melakukan riset, kita bisa menggunakan jasa event organizer yang dapat menciptakan kampanye menarik dan berkesan. Salah satu Event organizer dan production house yang bisa dijadikan pilihan adalah Watermark Indonesia yang sudah berpengalaman menangani kampanye aktivitas merek untuk lebih dari 30 brand kenamaan.

3. Berikan Audiens Hadiah Berkesan

Memberikan hadiah kepada audiens yang hadir juga bisa menjadi salah satu cara efektif menciptakan aktivitas brand yang berkesan. Cobalah untuk membuat kuis, permainan atau pengalaman interaktif lain dengan iming-iming produk gratis, sehingga audiens selalu termotivasi sepanjang acara.

Sebaiknya permainan masih berkaitan erat dengan selera dan gaya hidup target audiens kita, agar mereka merasa terkoneksi dan dekat dengan merek. Pastikan host juga melontarkan pertanyaan yang mengingatkan audiens secara intens kepada produk yang tengah dikenalkan, sehingga tercipta loyalitas brand.

4. Berkolaborasi dengan Influencer dan Brand Ambassador

Brand dapat memanfaatkan jaringan yang dimiliki para influencer untuk menjangkau audiens baru. Influencer maupun brand ambassador dapat mempromosikan event yang sedang berlangsung di media sosial atau iklan. Kehadiran mereka dapat memancing lebih banyak audiens untuk hadir. 

Sementara penggunaan influencer yang merekomendasikan suatu acara dapat menjangkau khalayak yang lebih luas. Menggunakan influencer membantu membangun kepercayaan merek. Namun, jangan asal memilih influencer, pastikan mereka memiliki audiens yang relevan atau membuka segmen audiens baru untuk produk kita.

Jangan asal memilih influencer karena sisi terkenalnya saja, namun juga berbagai aktivitas dampaknya. Tentu saja kita mesti memilih influencer dengan citra positif untuk membangun brand image yang juga baik.

5. Menciptakan FOMO (Fear of Missing Out)

FOMO adalah pemicu psikologis yang kuat yang mendorong manusia untuk mengikuti tren yang tengah berlangsung. Brand mestinya dapat memanfaatkan ini untuk mendorong minat audiens lama maupun baru untuk saling terkoneksi.

Menciptakan Fomo tidak dapat dilakukan dalam satu hari, bahkan terkadang mesti menempuh hitungan bulan. Kita dapat memulainya dengan menampilkan teaser unik secara eksklusif yang kemudian hanya dapat dinikmati seluruhnya ketikan aktifitas offline berlangsung. Jadikan event atau acara brand menjadi bahan perbincangan bahkan jika perlu menjadi trend baru, biasanya event organizer yang terpercaya juga mampu menciptakan hal ini.

6. Pastikan Lokasi Mudah di Akses

Saat merencanakan sebuah acara pastikan lokasi yang dipilih mudah diakses oleh siapapun, baik audiens lama maupun baru. Pastikan setiap komponen dapat diakses oleh setiap peserta salah satunya dengan pengadaan kendaraan khusus maupun sistem pendaftaran khusus.

Jika menginginkan acara lebih inklusif atau hanya mengundang pelanggan pilihan pastikan sistemnya sudah dibangun dengan baik, misalnya dengan pendataan berbasis digital melalui penggunaan QRIS.

Jangan sampai perkara lokasi yang kurang strategis membuat calon customer gagal menghadiri acara. 

7. Gunakan Media Sosial

Meskipun promosi iklan berlangsung secara luring, namun pemanfaatan kampanye daring juga memberi dampak lebih luas. Gunakan media sosial seperti instagram untuk mendorong aktivitas merek. Salah satunya dengan menciptakan hastag terkait event yang tengah berlangsung.

Brand juga dapat bekerjasama dengan komunitas tertentu untuk membantu kampanye daring. Misalnya berkolaborasi dengan bisnis lokal untuk tujuan sosial. Selain dapat menggaet audiens baru, aktivitas ini juga dapat menumbuhkan loyalitas merek, meningkatkan visibilitas merek serta menarik perhatian audiens.

Aktivasi merek mencakup pengalaman pemasaran interaktif yang berfokus pada membangun kesadaran akan merek dan produk. Maka pastikan memilih event organizer berpengalaman seperti Watermark Indonesia untuk menciptakan aktivitas kampanye iklan tak terlupakan.

Brand Activation mencakup pengalaman pemasaran interaktif yang berfokus pada membangun kesadaran akan merek dan produk. Maka pastikan memilih event organizer berpengalaman seperti Watermark Indonesia untuk menciptakan aktivitas kampanye iklan tak terlupakan.

No Comments

Post A Comment

Connect to WTM Team
Need help? Chat with Us...
Start A Conversation.
Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp.