24 Jul Contoh Ide Acara Tingkatkan Branding Produk
Branding merupakan hal penting bagi sebuah brand. Bagaimana customer memandang sebuah produk tergantung bagaimana produk itu memperkenalkan dirinya. Tidak heran jika sebagian besar brand memprioritaskan cara bagaimana produknya diterima di khalayak secara positif. Salah satu strategi branding produk yang bisa dicoba antara lain melalui pengadaan acara (event). Salah satu kelebihan branding dengan cara ini adalah produk bisa berinteraksi langsung bersama customer loyal maupun calon pelanggan baru.
Brand lebih bisa memproyeksikan penjualan di masa depan, maupun rencana menciptakan produk-produk baru yang dapat menjaring pelanggan lama.
Sayangnya, tidak semua brand mengerti hal ini. Karena itu sebaiknya mintalah bantuan kepada pihak ketiga seperti event organizer. Melalui pengalaman mereka brand dapat menciptakan acara yang lebih berkualitas.
Tenang saja, sebagai brand kita tak harus menyerahkan segala strategi kepada vendor. Tentu saja, ide besar dapat kita tentukan sendiri, vendor hanya perlu memastikan ide tersebut terealisasi sempurna. Lantas ide acara seperti apa yang efektif bagi brand memperkenalkan produknya? Berikut beberapa contohnya:
Fashion Show dan Gala Dinner
Ide acara yang satu ini sangat cocok untuk produk fashion, kesehatan dan kecantikan. Fashion show dengan tema yang unik pasti akan menyita perhatian massa. Gaungkan dengan berbagai iklan di media online dan televisi. Sementara gala dinner cocok untuk produk kesehatan, mengundang para pakar kesehatan maupun influencer dengan gaya hidup sehat. Tak melulu harus menonjolkan soal gaya hidup sehat yang mahal, demi membuat acara lebih berkesan kita juga bisa menciptakan gala dinner yang punya tujuan mulia. Misalnya menjual produk dengan hasil penjualannya selama gala dinner akan disumbangkan ke yayasan amal.
Pameran dan Expo
Pameran dan expo ini lebih cocok untuk memperkenalkan produk properti, elektronik dan kendaraan. Pameran yang dibuat dengan inovatif berpeluang menarik perhatian pasar. Tipsnya, aturlah booth dengan sedemikian menarik dan interaktif. Buat booth yang dapat mempertemukan pelanggan lama dan baru, sehingga mereka merasa terkoneksi. Pameran juga menjadi ajang yang penting untuk mengatrol penjualan. Brand berpotensi menaikkan laba dengan memberikan sejumlah diskon menarik, misalnya potongan harga atau bonus untuk pembelian tertentu.
Seminar atau Pelatihan
Cara ini sudah jamak dilakukan berbagai brand terutama mereka yang bergerak dibidang pendidikan. Menggunakan acara edukatif dapat membangun citra merek yang positif. Salah satu contohnya adalah workshop dan seminar yang relevan dengan produk. Meski lebih sering dilakukan oleh berbagai produk yang bergerak dalam pendidikan. Cara ini juga bisa diaplikasikan oleh industri lain. Misalnya untuk produk otomotif, kita bisa membuat pelatihan cara berkendara yang aman atau seminar mengenai tips memilih kendaraan. Brand dapat menyisipkan pesan penjualan baik secara langsung maupun terselubung. Tujuannya agar para peserta tidak merasa menjadi target penjualan namun sebagai penerima pelatihan atau seminar semata. Buatlah seminar atau pelatihan dengan cara menyenangkan. Libatkan influencer atau ahli dibidangnya
Festival dan Konser
Festival dan konser ini dapat digunakan untuk semua industri. Mengapa festival dan konser efektif dalam membangun branding? Karena kolaborasi dengan artis atau influencer dapat menciptakan keterlibatan emosional dengan konsumen. Salah satu brand yang acap kali menggunakan strategi ini adalah Allo bank. Brand layanan keuangan yang satu ini berusaha mencari pasar dari pecinta Korean-pop di tanah air. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah dengan menggelar konser dan festival K-pop. Hasilnya, setiap acara yang digelar selalu menarik perhatian dan menjadi perbincangan di media sosial. Itu artinya Allobank pun mendapat perhatian yang sama besar. Nah kamu bisa mencoba cara ini, namun pastikan vendor yang dipilih memang berpengalaman. Pasalnya mengadakan konser atau festival bukanlah perkara mudah. Mulai dari menghubungi artis hingga perijinan seringkali menghadapi banyak ganjalan sehingga harus dilakukan oleh profesional.
Tour Produk
Tour produk ini pada dasar brand ingin membawa produk langsung ke konsumen. Bisa dengan membawa produk ke berbagai kota atau sebaliknya mengundang konsumen untuk melakukan tour, sehingga customer bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan produk yang biasa mereka gunakan. Menghadirkan pengalaman langsung kepada konsumen tidak harus mengundang pembeli loyal. Brand bisa menggaet influencer dan blogger untuk menyampaikan kepada massa melalui media sosial masing-masing. Ulasan positif dari para influencer dan blogger dapat membangun citra positif untuk brand. Jadi upayakan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para influencer dan blogger, anggaplah mereka mitra dalam pekerjaan kita.
Hackathon dan Kompetisi
Kompetisi ini menjadi ide acara yang menarik untuk industri teknologi atau entrepreneurship. Buatlah kompetisi seinklusif mungkin. Misalnya lomba pembuatan aplikasi atau lomba perancangan ide usaha. Keduanya sama-sama menjaring komunitas inklusif sehingga target audiens pun lebih mengerucut dan jelas. Melalui kompetisi kita dapat meningkatkan brand awareness karena peserta lebih aktif dalam berpartisipasi. Akan lebih baik jika melibatkan profesional dibidangnya, sehingga kompetisi yang diadakan dapat menelurkan pemenang yang benar-benar kompeten.
Itulah beberapa ide acara atau event yang bisa dicontek oleh para brand. Pastikan mengandalkan event organizer terpercaya dan profesional salah satunya Watermark Indonesia.
No Comments