Begini Meracik Event Ramadan Berkesan, Buat Event Sederhana Tak Terlupakan - Watermark | PT. Sinematik Anak Bangsa
20456
post-template-default,single,single-post,postid-20456,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-3.0.1,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.5.5,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,columns-4,qode-theme-ver-28.6,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.7.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-457

Begini Meracik Event Ramadan Berkesan, Buat Event Sederhana Tak Terlupakan

Begini Meracik Event Ramadan Berkesan, Buat Event Sederhana Tak Terlupakan

Ramadan adalah bulan spesial, masa ketika umat muslim berlomba berbuat kebaikan. Inilah yang harus dimanfaatkan oleh para perancang acara atau tim event organizer. Menciptakan event ramadan berkesan namun juga berdampang pada citra brand yang ingin di promosikan.

Ada banyak jenis event yang bisa kita dipilih oleh event organizer. Namun pastikan modelnya sesuai dan cocok untuk target market brand Anda. Terutama jika event yang dibuat berlokasi di kota-kota besar, dimana banyak budaya di berbagai wilayah Indonesia bertemu.

Sebab jika tak sesuai dengan budaya setempat, bisa-bisa event yang Anda bangun justru menjadi cibiran dan membuat nama brand jatuh.

Dari Konten Menyentuh Hingga Penggunaan Aksen Arab ini cara Meracik Event Ramadan Agar Lebih Berkensan

Di bulan Ramadan sudah umum jika banyak event-event religius digelar. Brand berlomba-lomba membuat acara terbaiknya untuk mendapatkan citra positif dari masyarakat baik pelanggan lama maupun calon pelanggan.

Namun tidak sedikit pula brand yang gagal menyampaikan pesannya, karena event yang dibangun gagal lantaran kurang menarik. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya event organizer melakukan riset dan persiapan.

Tak mau menanggung kegagalan di bulan spesial seperti ini? Cobalah trik meracik event ramadan yang berkesan seperti dibawah ini:

1. Konten Berbasis Nilai

Ramadhan adalah waktu yang mempertemukan keluarga. Karena jadwal orang-orang berubah selama periode tersebut, mereka berkumpul di meja makan untuk makan, saat matahari terbenam dan fajar. Hal ini bertepatan dengan meningkatnya fokus pada nilai-nilai sosial yang positif – seperti amal, rasa syukur, keramahtamahan, refleksi, dan persatuan. Pertimbangkan kisah merek Anda dan bagaimana merek tersebut berkontribusi pada masyarakat. 

Contohnya adalah iklan komersial dari sirup Marjan, setiap ramadan tiba mereka selalu membuat iklan berseri yang menggambarkan perjuangn dan kedekatan keluarga.

2. Banyak Bagian Banyak Saluran

Meski yang akan Anda buat adalah event offline bukan berarti kita melupakan pemasaran online. Gunakan banyak saluran untuk mempromosikan event Anda. Bahkan kini sudah banyak event organizer yang membuat live streaming event, sehingga audiens yang tidak bisa hadir di lokasi tetap dapat merasakan nuansa event yang tengah berlangsung.

Media sosial juga memudahkan pembuatan serial konten, yang masih berkaitan dengan event kita. Hal ini dapat memperbesar kemungkinan event kita menjadi viral karena dibicarakan di lintas saluran.

Jadi, saat merencanakan kampanye, pertimbangkan konten video berdurasi panjang yang memperlihatkan bagaiamana event offline Anda berjalan.

3. Waktu yang Pas

Ketika event organizer berencana mengadakan event dibulan ramadan, pemilihan waktu juga sangat menentukan kesuksesan acara. Misalnya di awal ramadan ketika masyarakat lebih fokus menghabiskan hari-harinya bersama keluarga dirumah, waktu-waktu ini tidak cocok untuk dibuat event.

Sebaliknya pilihlah minggu kedua dan ketiga, ketika orang sudah mulai jenuh berbuka puasa dirumah. Kita tawarkan alternatif lain berbuka sambil menikmai event yang dibuat.

4. Keberagaman

Karena Indonesia adalah negara kepulauan yang mayoritasnya beragama muslim, maka ada banyak tradisi Islam yang berbeda di tiap daerahnya. Coba kombinasikan banyak budaya untuk menciptakan event yang dapat dihadiri dan dinikmati oleh siapapun dari berbagai daerah dan budaya.

5. Penggunaan Aksen Arab

Agar event kita kita bisa lebih terlihat oleh audiens, penting untuk memilih aksesoris atau dekorasi yang berbau islam. Misalnya menggunakan ucapan selamat berpuasa dengan aksara arab atau memperlihatkan simbol-simbol Islam seperti bulan dan bintang. Penggunaan aksen Arab memudahkan audiens mengenali bahwa event yang Anda buat khusus untuk umat muslim.

No Comments

Post A Comment

Connect to WTM Team
Need help? Chat with Us...
Start A Conversation.
Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp.