19 Nov 3 Kunci Suksesnya Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE)
Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE), merupakan akronim yang erat kaitannya dengan industri pariwisata dan perhotelan. Angka dan statistik yang terkait dengan pasar industri MICE global menunjukkan bahwa industri MICE merupakan salah satu segmen industri perhotelan dan pariwisata yang paling populer. Namun seiring berjalannya waktu MICE juga sering digunakan sebagai strategi pemasaran produk khususnya dalam bidang marketing dan periklanan.
Banyak perusahaan besar memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh industri MICE. Hingga akhirnya industri ini berkembang menjadi lebih luas, tidak hanya berkaitan dengan jenis pariwisata namun juga berbagai acara yang berkaitan dengan bisnis. Yakni ketika bisnis direncanakan dan para profesional dari sektor terkait dipertemukan dalam suasana perhotelan.
Namun, tidak semua acara MICE berlangsung sukses. Karena diadakan diruangan tertutup pemilik acara harus lebih kreatif untuk menciptakan suasana ruangan yang kondusif dan menyenangkan. Bahkan perkara lokasi penyelenggaraan acara saja bisa menjadi masalah jika tidak dicari dan dilakukan riset secara cermat.
3 Kunci Suksesnya MICE dengan Menggaet Event Organizer Berpengalaman
Ada beberapa aspek yang mesti dipertimbangkan ketika sebuah brand atau bisnis ingin menggunakan MICE sebagai sarana beriklan. Berikut adalah diantaranya:
Pilihan Tempat atau Lokasi
Saat memilih tempat, fitur utama yang harus diperhatikan adalah aksesibilitas, keamanan, dan kapasitas yang memadai. Semakin mudah lokasi tersebut dijangkau dengan pesawat, kereta api, atau mobil, semakin senang pelancong bisnis berkunjung. Bahkan, menurut Laporan Pro Sky Destination 2017, aksesibilitas adalah kriteria pemilihan yang paling penting bagi para pengambil keputusan. Tampilan dan nuansa tempat juga memiliki dampak.
Hal itu dapat memengaruhi keseluruhan acara dan meningkatkan keberhasilannya. Lokasi harus berada di wilayah yang stabil secara politik. Lebih jauh, harus ada pilihan kegiatan rekreasi terdekat yang tersedia bagi para peserta. Misalnya dekat dengan pusat perbelanjaan atau taman kota.
Lokasi yang mudah dijangku bukan hanya memudahkan target peserta, namun juga mengundang perharian peserta baru yang merasa nyaman dengan lokasi dan suasana yang dihadirkan. Brand dapat memilih lokasi pertemuan seperti di exhibition center, hotel atau hall didalam pusat perbelanjaan.
Ketiga pilihan lokasi ini umumnya mudah dijangkau dengan moda transportasi apapun, nyaman karena bentuknya indor dan didukung dengan kelengkapan elektronik yang mumpuni sehingga memudahkan brand menciptakan acara dengan beragam tema.
Kualitas Layanan Prima
Kualitas merupakan faktor utama dalam industri MICE karena pelancong bisnis cenderung memiliki tuntutan yang lebih tinggi daripada wisatawan rekreasi. Elemen-elemen seperti layanan pelanggan, transportasi yang aman dan andal, akomodasi yang bersih dan nyaman, katering yang baik, dan ruang konferensi dengan infrastruktur teknis yang sangat baik, memainkan peran besar.
Karena itu kualitas pelayanan menjadi poin utama, terlebih jika peserta yang hadir merupakan orang-orang kenamaan dalam lintas industri. Faktor kenyamanan memainkan peran besar dalam membentuk citra positif brand. Jangan sampai hanya karena persoalan catering tidak enak, peralatan penunjang kurang memadai dan lokasi tidak nyaman menjadi sebab menurunnya citra brand.
Rancanglah berbagai kebutuhan sedetil mungkin, libatkan ahli dibidangnya seperti event organizer. Mintalah pendapat para ahli untuk menghadirkan pengalaman MICE yang memukau dan menjadi buah bibir para peserta. Dengan begitu brand juga mendapatkan promosi gratis word of mouth.
Program Acara Menarik
Industri MICE tidak terlalu mementingkan lokasi yang eksotis dan tidak dikenal, tetapi lebih pada nilai uang. Lokasi harus menawarkan pengalaman yang unik dan berkesan dengan harga yang wajar. Program acara yang menarik sebelum dan sesudah seminar dan rapat formal adalah cara yang bagus untuk meningkatkan nilai pengalaman bagi para peserta.
Jadi dibanding melakukan riset berbagai lokasi unik yang sulit dijangkau, lebih baik fokus menciptakan dekorasi yang menawan di lokasi perkotaan. Ingat, peserta MICE biasanya datang dari kalangan bisnis yang enggan menghabiskan waktunya hanya untuk sebuah perjalanan menuju lokasi acara.
Salah satu program acara MICE yang menarik adalah pameran, fashion show dan seminar yang mendatangkan influencer. Ketiganya selain dapat menjadi media promosi produk juga efektif mendatangkan penjualan, terlebih jika brand dapat membuaut penawaran yang menarik misalnya diskon besar selama event MICE berlangsung.
Jangan lupa tautkan seluruh rangkaian acara si sosial media, sehingga penonton yang tidak hadir diacara tetap merasakan ambiencenya. Manfaatkan instagram reels, stroy dan media sosial lain untuk menghadirkan suasana yang dapat dirasakan langsung penonton.
Keberlanjutan dalam Industri MICE
Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang meningkat saat ini juga memengaruhi industri MICE. Bahkan, keberlanjutan sekarang menjadi salah satu kriteria utama bagi perusahaan untuk memilih tempat yang tepat. Memiliki strategi untuk keberlanjutan dapat menunjukkan kredibilitas dan kepercayaan. Para pengambil keputusan perlu mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam layanan, produk, akomodasi, dan area lainnya.
Misalnya, alih-alih menggunakan botol minum sekali pakai kita dapat memilih gelas dan air isi ulang yang ditempatkan dalam wadah khusus sebagai bentuk tanggung jawab menjaga lingkungan. Bisa juga kita coba memilih souvenir untuk peserta dari bahan-bahan daur ulang. Biasanya para peserta sangat menghormati dan menghargai usaha para panitia yang menitikberatkan keberlanjutan.
Terlebih jika event yang berlangsung memang hadir dengan tema keberlanjutan, bumi hijau atau persoalan sampah. Jika tak memiliki sumber daya manusia yang dapat merancang acara seperti ini, Anda bisa bekerja sama dengan pihak ketiga yang terbiasa menangani event MICE. Sehingga apapun ide dan tema yang ingin Anda buat dapat direalisasikan.
No Comments