Strategi Branding Melalui PameranMengubah Peserta Menjadi Pelanggan Setia - Watermark | PT. Sinematik Anak Bangsa
20028
post-template-default,single,single-post,postid-20028,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-3.0.1,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.5.5,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,columns-4,qode-theme-ver-28.6,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.7.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-457

Strategi Branding Melalui Pameran
Mengubah Peserta Menjadi Pelanggan Setia

Strategi Branding Melalui Pameran
Mengubah Peserta Menjadi Pelanggan Setia

Pameran atau exhibition telah lama menjadi primadona bagi para brand dalam memperkenalkan produknya. Namun tidak banyak perusahaan mampu menciptakan exhibition yang memikat.

Jika ingin menciptakan pameran yang manis dan berkesan brand harus menciptakan sesuatu yang berbeda. Inilah salah satu yang diupayakan Watermark ketika Epson melakukan pameran selama gelaran Smart City Bali di Bali pada Juni 2024 silam.

Epson berusaha berinteraksi langsung dengan pelanggan lama maupun baru melalui game golf simulator serta beberapa teknologi terbarukan dari Epson yang dapat dicoba langsung oleh peserta pameran. Tentunya didukung oleh pakar Di bidangnya sehingga audiens bisa bertanya langsung mengenai keunggulan produk selama acara berlangsung.

Exhibition sangat efektif untuk memperkenalkan produk, memperluas jaringan, dan menciptakan pengalaman merek yang tak terlupakan. Selain apa yang dilakukan Watermark untuk Epson berikut ada beberapa ide yang bisa brand tiru agar exhibition berjalan dengan sukses:

Hadirkan Tampilan Visual yang Memukau

Jika ingin menarik minat pasar pastikan selama pameran nanti stan kita terlihat menonjol. Stan atau area pajangan yang dirancang dengan baik dan memukau secara visual akan membantu mencapai target. Saat menyiapkan tempat sementara di acara tersebut, pastikan untuk menggunakan grafis, spanduk, dan papan nama berkualitas tinggi yang menyampaikan pesan merek dan produk dengan jelas.

Selain itu, pajang produk secara mencolok dengan menatanya dengan rapi di bawah pencahayaan yang baik. Tampilan visual yang menarik juga menunjukkan profesionalisme.

Jika produk dikemas secara fisik, pastikan kemasannya menarik secara visual. Ini karena kemasan berkualitas tinggi dan dirancang dengan baik dapat membuat produk terlihat menonjol di rak atau meja pajang. Berusahalah untuk menyenangkan mata akan memberikan kesan profesionalisme dan kualitas kepada peserta exhibition. Selain itu, kemasan yang menarik membantu memberikan kesan pertama yang kuat dan dapat menarik minat calon pelanggan

Manfaatkan Elemen Interaktif

Gabungkan elemen interaktif ke dalam stan untuk menciptakan pengalaman langsung bagi para peserta. Menggunakan layar sentuh, pengalaman realitas virtual, atau contoh produk yang dapat dicoba pengunjung dapat membantu menarik perhatian peserta dan membuat mereka tetap terlibat dengan merek. Alat-alat ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk terhubung dengan produk secara personal, sehingga mereka lebih mungkin mengingat dan mempertimbangkan penawaran kita.

Siapkan Demonstrasi yang Menarik

Jalin komunikasi langsung dengan audiens lewat demonstrasi produk langsung atau presentasi model atau lini yang akan diluncurkan. Tunjukkan cara kerja solusi inovatif yang brand tawarkan dan bagaimana solusi tersebut dapat memecahkan masalah di dunia nyata. Demonstrasi interaktif ini dapat memikat peserta dan memudahkan mereka untuk merasakan manfaat produk secara langsung. Ingatlah bahwa demonstrasi produk yang menarik bertujuan untuk memberi informasi dan menghibur sekaligus memberikan pemahaman yang berkesan kepada peserta tentang produk kita.

Berinteraksi dengan Peserta

Untuk memaksimalkan waktu di pameran dagang, pastikan staf staf yang mendukung selama pameran mudah didekati dan memiliki informasi yang cukup tentang produk. Dorong tim untuk terlibat dalam percakapan dengan peserta, menjawab pertanyaan, dan berbagi wawasan sehingga mereka dapat menjangkau sebanyak mungkin orang dan memberi mereka pengalaman yang berkesan . Interaksi ini berkontribusi untuk membina hubungan yang lebih dalam dengan audiens.

Karena itu penyaringan staf selama event sangat penting. Tidak hanya terlihat baik secara penampilan namun juga piawai menjelaskan produk, bahkan jika bisa pengetahuannya hampir sama dengan pakar Di Bidangnya. Staf yang teredukasi dengan baik berpeluang besar menjual produk dalam satu kali interaksi dengan pelanggan.

Sampel Gratis atau Giveaway

Siapa yang tidak suka barang gratis? Giveaway telah lama menjadi bagian dari pemasaran, tetapi tidak semua perusahaan dapat memanfaatkan potensinya secara maksimal. Pemberian giveaway tidak melulu berupa satu set produk yang tengah dijual namun beberapa aksesori atau additional yang masih berkaitan dengan produk.

Namun, jika terlalu berat untuk memberikan giveaway misalnya jika pameran yang tengah dilakukan adalah penjualan otomotif maka memberikan kesempatan langsung kepada calon pembeli untuk melakukan test Drive bisa menjadi salah satu cara agar audiens dapat menikmati kelebihan produk yang tengah kita tawarkan.

Libatkan Pakar Di Bidangnya

Brand perlu membangun hubungan dan kepercayaan dengan konsumen selama pameran. Merek yang terpercaya akan bersikap transparan tentang produk dan nilai-nilai mereka. Brand juga harus siap menjawab pertanyaan teknis apa pun yang diajukan audiens. Inilah mengapa keterlibatan spesialis produk sangat penting.

Brand membutuhkan seseorang yang tidak hanya memahami setiap aspek teknis produk, tetapi juga harus mampu menyajikannya dengan cara yang ramah dan menarik. Kita bisa menunjuk seorang ahli bersertifikat maupun influencer yang berkredibilitas tinggi.

Buat situs web khusus yang menyediakan informasi kepada pelanggan tentang produk baru sebelum dan bahkan setelah acara peluncuran. Mengumpulkan email di acara tersebut juga merupakan ide yang bagus karena merupakan cara paling jitu untuk tetap berhubungan dengan pelanggan .

Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial, baik sebelum, selama maupun sesudah pameran berlangsung. Media sosial adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens yang ditargetkan dan menciptakan sensasi produk untuk acara peluncuran. Buat tagar atau gunakan tagar acara untuk terhubung dengan peserta. Adakan kontes atau promosikan sampel melalui Instagram atau X. Peluang yang disediakan oleh platform media sosial saat ini tidak terbatas, jadi manfaatkanlah untuk meraih hasil terbaik.

Itulah beberapa strategi branding yang bisa perusahaan terapkan selama mengikuti pameran.

No Comments

Post A Comment

Connect to WTM Team
Need help? Chat with Us...
Start A Conversation.
Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp.