Jenis-Jenis Event Organizer, Mulai Dari Manajemen Acara Hingga Pemasaran  - Watermark | PT. Sinematik Anak Bangsa
20387
post-template-default,single,single-post,postid-20387,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-3.0.1,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.5.5,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,columns-4,qode-theme-ver-28.6,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.7.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-457

Jenis-Jenis Event Organizer, Mulai Dari Manajemen Acara Hingga Pemasaran 

Jenis-Jenis Event Organizer, Mulai Dari Manajemen Acara Hingga Pemasaran 

Bagi pemilik perusahaan yang tak memiliki tim pemasaran luas, biasanya event organizer (EO) menjadi andalan mereka. EO ditunjuk untuk menangani perancangan iklan bahkan beberapa juga ditunjuk untuk menghasilkan penjualan.

Saat Anda mencari agency atau EO, kemungkinan besar Anda akan menjumpai beberapa jenis EO yang berbeda. Karena itu penting untuk mengerucutkan kebutuhan event Anda agar dapat memilih agency atau EO yang sesuai. Mungkin sulit untuk menentukan jenis agensi mana yang terbaik untuk acara Anda, dan apakah mereka dapat membantu Anda dengan apa yang Anda butuhkan.

Jenis-Jenis Event Organizer

Agar tidak salah pilih, sebelum menentukan akan bekerjasama dengan agency mana, kita harus memahami beberapa jenis EO yang biasanya ada di Indonesia.  Faktanya ada banyak jenis EO yang muncul selama beberapa tahun terakhir, terutama karena kemjuan teknologi yang mendorong lahirnya jenis-jenis event baru seperti event hybrid dan virtual event. 

Namun, secara umum berikut adalah jenis-jenis event organizer yang eksis di Indonesia khususnya di kota kota besar:

1. Agensi manajemen acara atau event organizer layanan lengkap

Ini adalah agensi dengan segala fasilitas yang dapat menangani semua logistik untuk acara Anda. Mereka akan membantu Anda membangun strategi untuk acara Anda dan kemudian mengelola semua detail perencanaan. Biasanya, perusahaan-perusahaan ini bekerja secara nasional atau bahkan di seluruh dunia.

2. Agensi pemasaran eksperiensial

Agensi-agensi ini bekerja sama dengan agensi manajemen acara layanan lengkap, dengan penekanan pada aktivasi dan acara yang berfokus pada pemasaran. Ini biasanya adalah agensi “yang hebat” yang menampilkan banyak acara yang mencolok, keren, dan trendi.

Watermark Indonesia merupakan salah satu agensi pemasaran ekperiensial yang ternama di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya event offline maupun online yang  sukses ditangani. Tidak main-main, brand yang mempercayakan Watermark adalah perusahaan-perusahaan besar seperti Daihatsu, EPSON dan SMBC.

3. Perusahaan manajemen destinasi (DMC)

Perusahaan-perusahaan ini hadir di hampir setiap kota dan berfokus untuk membantu Anda mendapatkan berbagai kebutuhan untuk acara Anda (misalnya dekorasi dan vendor lainnya). Mereka sering kali dapat dimanfaatkan untuk perencanaan, tetapi mereka lebih berorientasi pada tugas daripada agensi layanan lengkap. DMC bekerja secara khusus di pasar yang lebih kecil. 

Anda dapat memilih EO dengan layanan ini untuk acara yang lebih intimate seperti pernikahan dan gathering perusahaan. Keunggula dari EO jenis ini biasanya mereka lebih detil dan sudah menguasai berbagai elemen penting dalam pembuatan acara sepertu venue dan catering dengan harga terjangkau.

4. Perusahaan produksi

Manajemen acara dan perusahaan produksi (PH) sering kali terlihat mirip. Produksi biasanya mengacu pada layanan A/V yang dibutuhkan untuk suatu acara. Banyak dari perusahaan ini juga menawarkan layanan manajemen acara, tetapi biasanya itu bukan keahlian utama mereka. PH biasanya hanya menawarkan proses pembuatan atau konsep acaranya saja, sementara EO lingkupnya lebih luas yakni hingga masalah pengadaan venue dan perijinan.

5. Perusahaan pemilihan lokasi

Ternyata ada perusahaan yang menawarkan jasa mencari venue. Tugas mereka adalah melakukan riset venue sesuai kebutuhan klien, kemudian menegosiasikan harganya dengan pemilik tempat sehingga klien tak perlu mengeluarkan energi untuk proses tawar menawar yang acapkali sulit dan dimenangkan oleh pemilik venue. Beberapa perusahaan mengkhususkan diri hanya dalam layanan pemilihan lokasi. Banyak perusahaan manajemen acara juga akan menawarkan layanan ini di samping layanan perencanaan acara mereka, tetapi jika Anda hanya mencari pemilihan lokasi, Anda mungkin ingin mencari kelompok yang terspesialisasi.

No Comments

Post A Comment

Connect to WTM Team
Need help? Chat with Us...
Start A Conversation.
Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp.