14 Oct Contoh-Contoh Event Experiential Marketing

Experiential marketing tengah menjadi primadona para brand dalam memasarkan produknya. Pasalnya strategi marketing yang satu ini dapat menciptakan koneksi langsung dengan pelanggan. Melalui berbagai event baik offline maupun online experiential marketing menjadi senjata brand untuk memasarkan produk baik kepada customer lama maupun baru.
Berikut adalah beberapa contoh experiential marketing yang jamak ditemui dan menjadi favorit para brand dalam memasarkan produknya:
Konferensi
Konferensi adalah pertemuan formal yang diadakan untuk membahas topik atau isu tertentu, biasanya melibatkan sejumlah besar peserta yang terdiri dari para ahli, profesional, peneliti, atau pemangku kepentingan di bidang yang sama. Konferensi sering kali diadakan dengan tujuan bertukar informasi, memperbarui pengetahuan, mempresentasikan temuan penelitian, atau menjalin hubungan profesional.
Dalam sebuah konferensi, terdapat berbagai format acara seperti presentasi, diskusi panel, lokakarya, dan sesi tanya jawab. Konferensi dapat berlangsung dalam berbagai skala, mulai dari yang bersifat lokal, nasional, hingga internasional. Bidang-bidang yang sering mengadakan konferensi termasuk ilmu pengetahuan, teknologi, bisnis, pendidikan, dan kesehatan.
Konferensi biasanya memiliki tema atau fokus tertentu, sehingga pembicara dan peserta berinteraksi dan berdiskusi dalam konteks topik tersebut. Selain memperbarui pengetahuan, konferensi juga merupakan ajang networking di mana peserta dapat menjalin kolaborasi atau kemitraan dengan orang-orang di bidang yang sama.
Konferensi memiliki nilai bagi merek B2B dan B2C, dimana mereka bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan maupun pelaku bisnis lain.
Pameran Dagang
Pameran dagang (trade show) adalah acara bisnis di mana perusahaan-perusahaan dari industri tertentu memamerkan produk, layanan, atau inovasi mereka kepada calon pelanggan, mitra, atau pemangku kepentingan lainnya. Pameran ini biasanya diadakan di ruang yang besar seperti pusat konvensi atau gedung pameran, dan dirancang untuk mempertemukan produsen, distributor, dan pembeli dalam satu tempat untuk berinteraksi langsung.Pameran dagang memberikan platform bagi perusahaan untuk:
Menunjukkan produk baru
Menjalin hubungan bisnis
Membangun merek dan meningkatkan visibilitas
Mengidentifikasi tren pasar terbaru Mengadakan negosiasi atau transaksi
Selain ruang pameran, acara ini sering kali menyertakan seminar, lokakarya, atau demonstrasi produk. Beberapa pameran dagang bersifat terbuka untuk umum, sementara yang lain hanya untuk undangan atau peserta dari industri tertentu. Pameran dagang sangat penting bagi pemasaran B2B (business-to-business) dan merupakan alat strategis untuk memperluas jaringan bisnis serta mengenal kompetitor.
Webinar
Webinar atau web seminar adalah seminar atau presentasi yang digelar secara online dengan media internet. Webinar memungkinkan pembicara menyampaikan materi kepada peserta dari lokasi yang berbeda secara real-time. Biasanya Webinar mencakup kegiatan interaktif seperti tanya jawab,polling atau chat langsung sehingga peserta dapat berpartisipasi aktif selama acara berlangsung.
Salah satu keuntungan yang ditawarkan Webinar adalah aksesibilitas dan fleksibilitas, karena peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan dari mana saja selama memiliki koneksi internet. Rata rata Webinar digunakan untuk acara seperti pelatihan, edukasi, pemasaran atau presentasi produk. Webinar efektif menjangkau audiens yang luas tanpa harus menghadirkan semua orang di satu tempat fisik. Webinar juga dapat direkam sehingga peserta yang tidak bisa hadir secara langsung dapat mengaksesnya di lain waktu.
Pop-Up Shop
Pop-up shop adalah toko sementara yang dibuka untuk jangka waktu terbatas di lokasi tertentu, biasanya untuk mempromosikan produk, menguji pasar, atau meningkatkan kesadaran merek. Pop-up shop sering kali diatur di tempat-tempat yang ramai seperti pusat perbelanjaan, jalan utama, atau event khusus. Keuntungan dari pop-up shop meliputi:
Pemasaran langsung, membantu menarik perhatian konsumen dengan pengalaman belanja yang unik dan terbatas.
Uji coba pasar, perusahaan dapat mengukur minat terhadap produk baru sebelum meluncurkannya secara lebih luas.
Membangun hubungan dengan pelanggan, memberikan kesempatan bagi merek untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, menciptakan pengalaman yang lebih personal.
Pop-up shop sering digunakan oleh merek-merek online yang ingin memberikan pengalaman fisik atau oleh perusahaan yang ingin memperkenalkan produk khusus atau edisi terbatas.
Workshop
Workshop adalah sesi pelatihan atau diskusi yang bersifat praktis dan interaktif, di mana peserta aktif terlibat dalam mempelajari atau mengembangkan keterampilan tertentu. Berbeda dengan seminar yang lebih teoretis, workshop berfokus pada aplikasi langsung dari konsep atau keterampilan yang diajarkan. Workshop sering melibatkan latihan, simulasi, atau tugas kelompok yang mendorong peserta untuk mempraktikkan apa yang mereka pelajari.
Workshop biasanya dipimpin oleh seorang fasilitator atau instruktur yang ahli dalam topik yang dibahas, dan peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi, bertanya, dan menerima umpan balik. Workshop dapat diadakan dalam berbagai bidang seperti seni, teknologi, bisnis, pendidikan, dan lainnya, dan sering kali disusun dalam format yang lebih kecil dan fokus untuk memastikan keterlibatan yang lebih mendalam.
Kompetisi
Kompetisi juga menjadi salah satu bentuk experiential marketing yang jadi favorit. Kompetisi memungkinkan brand dan pelanggan loyal berinteraksi secara langsung baik secara daring maupun on-site. Brand dapat mengadakan kompetisi dalam sebuah acara khusus ataupun menyematkannya dalam acara lain seperti workshop, seminar atau pameran dagang.
Kompetisi memungkinkan peserta merasakan atau menggunakan langsung produk-produk brand Anda. Beberapa kompetisi yang sering jadi andalan diantaranya kompetisi robotic, science, otomotif, olahraga dan kewirausahaan. Jika dibangun dengan konsep yang matang kompetisi tidak hanya menjangkau secara lokal namun juga global.
Itulah beberapa contoh experiential marketing yang bisa kita contoh untuk memasarkan produk brand. Jangan lupa untuk mengajak pihak ketiga seperti event organizer atau production house agar acara yang ingin Anda bangun berjalan sukses.
No Comments