23 Dec Bagaimana Event Organizer Watermark Mewujudkan Experiential Marketing Midea Indonesia

Experiential marketing selalu jadi primadona dalam branding produk. Strategi pemasaran yang melibatkan pengalaman langsung ini, sering jadi pilihan utama brand dan event organizer untuk berbagai kepentingan kampanya mulai dari launching produk, customer engagement hingga penjualan langsung.
Ekperiential marketing berperan mengubah interaksi menjadi citra. Brand boleh saja berlomba membuat tagline-tagline cantik. Namun itu semua akan kalah dengan pengalaman langsung yang memicu percakapan, dialog dan bahkan konversi.
Apa itu Experiential Marketing?
Bisa dikatakan experiential marketing adalah strategi pemasaran yang mengundang audiens untuk bermain, menjelajah dan merasakan sesuatu diluar promosi penjualan. Ada tiga kata yang paling pas untuk mendeskripsikan strategi yang satu ini yakni lihat, sentuh dan percaya.
Ketika orang melibatkan banyak indra, koneksi emosional mereka semakin dalam. Semakin banyak yang mereka rasakan, semakin banyak yang mereka ingat. Itulah mengapa merek-merek besar terus bermain di arena ini karena emosi, bukan paparan, yang mendorong loyalitas.
Ada kunci sukses kampaye berbasis pengalaman ini, yaitu:
Imersi: Ciptakan dunia yang tidak ingin ditinggalkan orang.
Interaksi: Biarkan mereka bermain, mengklik, mencicipi, atau berteriak, tetapi jangan membuat mereka bosan.
Personalisasi: Pendekatan yang lebih iklusif. Dibanding mengundang sebanyak mungkin orang, lebih baik saring audiens yang paling mendekati citra brand
Kemudahan Berbagi: Lebih banyak orang dapat dijangkau
Event Organizer Watermark untuk Experiental Marketing Midea

Merancang experiential marketing tidaklah mudah. Sebab event yang dibangun harus menarik dan interaktif, baik secara offline maupun online. Inilah yang menjadi tantangan bagi event organizer Inilah yang menjadi tantangan besar bag Watermark Indonesia ketika menyusun strategi experiential marketing untuk Midea Cooker Hood di Jogjakarta. Sebagai salah satu brand peralatan rumah tangga yang besar, Midea sudah memiliki tempat tersendiri bagi pelanggannya.
Karena itu event organizer yang ditunjuk untuk event ini dituntut untuk mampu membuat event yang berbeda dan dapat menyatukan seluruh peserta. Bagaimana trik
Watermark sebagai event organizer Jakarta merancang event yang sangat terhubung dengan audiens?
Pertama, Alih-alih memberitahu orang betapa hebatnya produk dari Midea, Watermark memilih untuk membiarkan audiens menyentuh dan bahkan menguji produknya. Dalam event Midea Hook, kami menghadirkan secara nyata produk yang dijual brand agar para peserta dapat menyentuh langsung produk yang ditawarkan, yakni satu set Midea Cooker Hood penghisap asap kompor.
Kedua, Menyelaraskan pengalaman pelanggan. Melalui event demo masak, Watermark event organizer berusaha menampilkan keunggulan Midea Cooker Hood tanpa terus menonjolkan kelebihan tersebut secara verbal, namun menunjukkan langsung melalui cerita yang dibangun lebih dulu. Misalnya memulai dengan pengalaman para ibu yang sering terganggu dengan asap masakan di dapur.

Ketiga, Menetapakan tujuan yang jelas. Sebagai event organizer, watermark tentu sudah memiliki tolak ukur sendiri terhadap suatu event. Ini pula yang dilakukan pada Midea Cooker Hood. KPI (Key Performance Index) yang ditetapkan adalah meningkatkan kesadaran merek.
Penetapan KPI ini penting agar para pengisi yang terlibat seperti MC, Influencer dan brand dapat fokus pada hal-hal yang mesti ditonjolkan.
Keempat, mengundang audiens yang tepat. Pemilihan komunitas untuk hadir disebuah event tidak bisa sembarangan. Mereka, setidaknya harus punya pengalaman tidak langsung dengan produk yang akan kita kampanyekan. Karena yang akan dijual Midea Adalah satu set alat penghisap asap dapur maka dalam hal ini komunitas yang paling pas Adalah Ibu,, baik ibu pekerja maupun ibu rumah tangga.
Pengisi acara yang dihadirkan juga kompeten dibidangnya masing-masing, sehingga menambah pengetahuan bagi peserta.
Event ini memberikan kesempatan audiens melihat langsung bagaiman kinerja Midea Cooker Hook. Sehingga dapat menjadi pendorong bagi mereka melakukan pembelian atau sekedar membagikan pengalamannya kepada orang-orang terdekat.
No Comments