23 Dec Bagaimana Event Organizer Menyiapkan Acara Kolaboratif yang Berdampak

Acara kolaboratif dengan influencer masih menjadi cara efektif bagi brand memperkenalkan produknya. Kolaborasi yang baik dapat menghasilkan kampanye menarik dan bahkan mendatangkan penjualan. Inilah yang menjadi tantangan event organizer brand. Memilih influencer dan membuat event kolaboratif yang berdampak menjadi kunci kesuksesan sebuah kampanye produk.
Influencer punya kekuatan untuk mendorong audiensnya menyukai dan memiliki apa yang influencer punya. Inilah kekuatan inti seorang pemengaruh. Dulu kampanye kolaboratif ini mungkin hanya bisa diaplikasikan pada iklan offline, namun sekarang audiens yang dapat dijangkau lebih luas karena dibantu dengan media sosial sebagai bagian dari kampanye online.
Event Organizer Memahami Influencer Sangat Penting dalam Kampanye Iklan
Influencer menjadi bagian penting dalam pemasaran. Kedekatan dengan audiens membuat pengaruh mereka semakin kuat. Brand dapat menghemat biaya untuk memasarkan produknya. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya influencer dalam kampanye iklan:
Menumbuhkan kesadaran merek
Event yang dibuat event organizer dengan melibatkan influencer, mendorong pesertanya memahami gambaran mengenai merek yang diwakili oleh pemengaruh tersebut. Dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti, influencer dapat memberikan pemahaman mengenai produk yang tengah diwakili.
Kredibilitas
Banyak konsumen tidak mempercayai begitu saja perkataan merek. Justru mereka lebih percaya pada “sosok” yang telah merasakan langsung menggunakan brand Anda. Konsumen yang mengidolakan seorang influencer akan merasa bangga menggunakan produk yang sama dengan idolanya.
Menjalin hubungan
Acara influencer bermanfaat bagi kedua belah pihak. Ini memungkinkan para influencer untuk bertemu dengan orang-orang di balik merek dan membangun jaringan. Ini juga memungkinkan merek untuk melakukan hal yang sama dengan harapan dapat bekerja sama di masa depan.
Bagaimana Menyiapkan Acara Kolaboratif yang Berdampak?

Lalu bagaimana caranya event organizer sebagai perpanjangan tangan brand menyiapkan acara kolaboratif yang berdampak? Tentunya, selain riset pasar dan influencer ada beberapa hal lain yang mesti diperhatikan ketika brand dan EO ingin menyiapkan sebuah event kolaboratif, berikut diantaranya:
1. Mencari Influencer yang Cocok
Sebelum mengambil langkah apapun, lakukan riset lebih dulu mengenai target influencer yang akan diajak berkolaborasi. Jangan hanya melihat jumlah pengikutnya yang tinggi, namun pastikan juga sosoknya relevan dan mampu menjebatani brand serta audiens. Penting untuk dicatat bahwa micro-influencer sama efektifnya dengan macro-influencer dalam beberapa kasus, karena tingkat keterlibatan mereka dengan pengikut seringkali jauh lebih tinggi.
2. Rencanakan strategi influencer Anda
Jelaskan sejak awal apa yang Anda inginkan dari influencer. Jangan membebani mereka dengan informasi dan persyaratan dalam kontrak, karena itu dapat membuat mereka takut. Cobalah untuk fleksibel, karena influencer memang memiliki cara mereka sendiri dalam melakukan sesuatu jika mereka tipe orang yang tetap setia pada citra dan nilai-nilai mereka.
3. Minta mereka untuk mempromosikan pra-event
Jika ingin event yang Anda buat dibicarakan dimana mana bahkan sebelum event itu dilakukan, buatlah promosi pra-event dengan bantuan influencer. Menyebarkan informasi lebih dini efektif menarik keterlibatan audiens yang lebih tinggi. Gunakan sosial media sebagai sarana promosi pra-event.
4. Minta mereka memposting konten setelah acara

Setelah memilih influencer yang tepat yang sesuai dengan merek, ada kemungkinan besar mereka akan dengan senang hati memposting tentang event yang kita buat. Jangan hanya mereka yang menyebarkan maraknya event yang tengah berlangsung, sebagai brand kita juga harus kompak. Membagikan konten yang sama yang telah diposting influencer Anda selama acara juga akan membantu kredibilitas, mendorong nama-nama besar dan influencer lain untuk menghadiri acara Anda di masa mendatang.
5. Sebutkan Nama Mereka
Mengutip mereka di postingan atau event mendatang adalah cara yang bagus untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan di antara audiens Anda. Melakukan ini juga akan membantu menciptakan peluang jaringan, yang dapat menghasilkan ide dan kolaborasi baru.
Inilah yang coba watermark terapkan pada event Midea Cooking Hood yang diselenggarakan di Surabaya. Untuk brand kitchen set ini, kami memilih influencer yang masih bergerak di industri kitchen sekaligus berpengalaman dalam dunia kitchen yakni koki atau chef.
Kehadirannya dalam event demo memasak ini, menyuguhkan hiburan, pembelajaran sekaligus pengalaman langsung bagi peserta. Audiens pun dapat melihat dan merasakan sendiri manfaat produk yang dipasarkan Midea, Watermark menghadirkan pengalaman nyata yang membuat peserta dapat merasakan bagaimana menggunakan produk produk dari Midea.
Kehadiran chef berpengalaman dalam event ini, menjadi pengukuh bahwa produk Midea digunakan oleh mereka yang serius dan cinta memasak. Penunjukkan chef merupakan upaya kami untuk mempertegas posisi Midea di industri kitchen set. Sehingga menciptakan Midea sebagai brand kitchen set berpengalaman dan terpercaya.
Watermark dapat membantu Anda menciptakan event kolaboratif yang berkesan dan berdampak bagi brand.
No Comments