Apa itu MICE? Definisi dan Contoh MICE Event Organizer - Watermark | PT. Sinematik Anak Bangsa
20289
post-template-default,single,single-post,postid-20289,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-3.0.1,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.5.5,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,columns-4,qode-theme-ver-28.6,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.7.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-457

Apa itu MICE? Definisi dan Contoh MICE Event Organizer

Apa itu MICE? Definisi dan Contoh MICE Event Organizer

Membangun Brand yang Kuat Melalui Gathering Perusahaan: Strategi dan Manfaatnya

Tidak banyak yang tahu bahwa MICE masuk dalam indutri perhotelan. Pasalnya, beberapa tahun terakhir brand sering menggunakan MICE sebagai salah satu bentuk promosi mereka. Bahkan strategi pemasaran menggunakan MICE diakui dapat meningkatkan penjualan.

Pameran dagang adalah salah satu contohnya. Dimana dalam event ini para pemilik bisnis selain dapat menjual produknya juga bisa berinteraksi langsung dengan pembeli, dan bahkan mempertemukan berbagai sosok penting dalam lintas industri.

MICE yang biasanya digarap event organizer kini tak lagi identik dengan bisnis pariwisata namun berkembang menjadi media bagi bisnis lain untuk memperkenalkan dan menjual produknya secara massal dan efektif.

Apa itu MICE, Definisi dan contoh MICE Event Organizer?

MICE adalah akronim dari meeting, incentive, convention and event. Indutri ini sangat lekat dengan bidang pariwisara dan perhotelan. Namun dewasa ini lebih sering dikaitkan dengan acara meeting dan konvensi. 

MICE merupakan segmen utama dalam industri perhotelan dan diakui memberikan profit lebih besar dibanding bisnis properti perhotelan. Ini karena MICE dapat menyentuh berbagai industri lain seperti pendidikan dan iklan.

Dalam beberapa tahun terakhir,bahkan muncul istilah “meetings industry” dan “events industry” sebagai alternatif untuk MICE.

MICE merupakan bagian besar dari perjalanan bisnis global karena setiap industri memiliki acara rutin dalam bentuk tertentu. 

Program-program MICE selalu mempertemukan para profesional, membina hubungan, mempromosikan ide-ide baru, dan mendorong pertumbuhan dan penjualan.

Secara tradisional, MICE sebagian besar mencakup acara bisnis. Acara rekreasi seperti konser atau festival termasuk dalam kategori yang berbeda. Namun, banyak penyelenggara kini menambahkan elemen hiburan menciptakan pengalaman yang lebih berkesan.

Sektor MICE terdiri dari empat jenis acara utama yakni rapat, insentif, konferensi, dan pameran atau eksibisi. Di masa lalu, sebagian besar dari semua jenis acara ini diadakan secara langsung. Dalam beberapa tahun terakhir, tren memindahkan pertemuan yang lebih kecil ke ruang virtual terus meningkat. Permintaan untuk event hybrid juga meningkat tajam. 

Meski banyak mengalami perubahan,  keempat pilar tersebut sebagian besar tetap tidak berubah. Mari kita bahas satu per satu:

1. Meeting atau Rapat

Rapat biasanya merupakan acara satu hari yang diadakan di ruang konferensi hotel atau di pusat konvensi. Ukurannya dapat bervariasi dari hanya sekelompok kecil eksekutif senior hingga pertemuan yang lebih besar seperti rapat pemegang saham tahunan.

Tujuannya adalah untuk mempertemukan orang-orang dari satu perusahaan, industri, atau proyek untuk mengatasi tantangan, membahas rencana, dan menetapkan tujuan. Katering sering kali dibuat sederhana dan jarang ada program hiburan.

2. Insentif

Merupakan bagian paling menyenangkan dari segmen MICE. Insentif mencakup semua jenis hadiah perjalanan yang ditawarkan perusahaan kepada staf, tim, atau mitra (misalnya afiliasi). Dalam konteks ini, tujuan insentif adalah untuk berterima kasih kepada orang-orang atas kinerja mereka yang luar biasa, meningkatkan moral, atau meningkatkan loyalitas karyawan.

Untuk bentuknya bisa berbeda-beda, tergantung pada perusahaan yang menyelenggarakannya. Beberapa perusahaan mungkin mengirim tim mereka untuk perjalanan akhir pekan lengkap ke resor di luar kota. Adapula yang memilih merencanakan berbagai kegiatan yang lebih dekat dengan rumah untuk mendorong staf agar lebih akrab dalam suasana yang informal.

3. Konferensi

Pikirkan konferensi sebagai pertemuan yang sangat besar. Konferensi sering kali berlangsung lebih dari satu hari dan dapat bervariasi dalam ukuran, tetapi biasanya jumlah pesertanya lebih banyak daripada rapat. Seperti halnya insentif, konferensi dapat terlihat sangat berbeda tergantung pada penyelenggara dan industri yang menjadi latar belakangnya.

Aktivitas umum di konferensi meliputi hal di bawah ini:

Panel: Sekelompok pakar membahas suatu topik dan menyajikan temuan baru. Seorang moderator mengajukan pertanyaan, memastikan alur yang baik, dan dapat menjawab pertanyaan dari audiens.

Presentasi: Di ​​konferensi perusahaan, para pemimpin senior dapat menyajikan keberhasilan atau hasil terbaru dari bisnis. Di konferensi industri publik, para pemimpin diundang sebagai pembicara tamu untuk menyampaikan berbagi tren dan wawasan terbaru. Presentasi sering kali mengandalkan alat peraga, slide, atau elemen visual lainnya.

Pidato: Juga dikenal sebagai pidato utama, pidato sering kali menandai awal atau akhir konferensi. Terkadang, tuan rumah atau penyelenggara menyambut atau mengucapkan terima kasih kepada peserta karena telah bergabung. Di lain waktu, seorang pemimpin industri dapat membahas masalah penting dan berbagi ide untuk solusi. 

Diskusi: Diskusi dapat menjadi bagian dari panel. Dalam hal ini, sekelompok kecil peserta berbicara tentang suatu topik sementara audiens mendengarkan. Beberapa penyelenggara menggunakan ruang diskusi untuk mendorong perdebatan aktif di antara kelompok kecil peserta. 

Lokakarya: Sekelompok kecil peserta mengerjakan kasus tertentu atau meneliti topik tertentu. Pendekatan ini merupakan cara yang bagus untuk menawarkan pengalaman belajar interaktif kepada peserta. 

Tujuan konferensi bervariasi, tetapi biasanya, konferensi dimaksudkan untuk membahas dan menemukan solusi atas tantangan dalam bisnis atau industri. Berbagi wawasan dan penelitian baru merupakan bagian penting dari hal tersebut.

4. Eksibisi atau Pameran

Disebut juga sebagai pameran dagang, pameran biasanya merupakan acara besar yang menarik ribuan pengunjung dan peserta pameran dari seluruh dunia. Pameran dapat berlangsung dari beberapa hari hingga seminggu. Pameran biasanya sangat spesifik untuk industri tertentu dan memiliki target pasar yang jelas.

Peserta pameran pergi ke pameran dagang untuk mempresentasikan dan mempromosikan produk atau layanan mereka, mendorong bisnis, MICE Event Organizer dan berhubungan dengan mitra yang sudah ada dan calon mitra. Profesional industri pergi ke pameran untuk membangun jaringan, mencari klien atau pekerjaan, dan menemukan cara baru untuk memecahkan masalah.

Aktivitas umum di pameran berupa:

-Membangun jaringan: Pameran dagang sering kali mengadakan pesta jaringan atau networking untuk subkelompok di antara pesertanya. Ini adalah tempat yang bagus untuk bertemu dengan mitra potensial, membahas kolaborasi, dan bertukar pikiran tentang tren terkini.

-Penghargaan: Pameran penghargaan merupakan acara yang dibuat khusus sebuah kelompok untuk memberi anugerah pada beberapa orang yang dianggap berhasil atau berprestasi memimpin industri. Namun peserta tidak harus pemenang saja karena dapat dihadiri oleh tamu undangan lain yang dianggap masih berkaitan dengan indutri yang sama.

-Penawaran bisnis baru: Karena pameran dagang ingin mempromosikan pertumbuhan dan inovasi dalam industri mereka, sering kali ada acara khusus untuk penawaran bisnis baru. Ini bagus bagi perusahaan rintisan untuk mendapatkan visibilitas, pendanaan, klien, dan pelamar kerja.

Itulah definisi dan contoh MICE. Jika Anda tertarik menggunakan MICE Event Organizer sebagai salah satu strategi marketing Anda bisa berdiskusi dengan Watermark Indoesia yang sudah berpengalaman menjalankan industri MICE untuk beragam jenis bisnis.

No Comments

Post A Comment

Connect to WTM Team
Need help? Chat with Us...
Start A Conversation.
Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp.