7 Alasan Mengapa Event Efektif Tingkatkan Personal Branding - Watermark | PT. Sinematik Anak Bangsa
20088
post-template-default,single,single-post,postid-20088,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-3.0.1,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.5.5,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,columns-4,qode-theme-ver-28.6,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.7.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-457

7 Alasan Mengapa Event Efektif Tingkatkan Personal Branding

7 Alasan Mengapa Event Efektif Tingkatkan Personal Branding

Event atau acara sudah sering digunakan sebagai marketing produk oleh banyak brand. Beberapa bentuk event seperti pameran, lokakarya hingga konser musik ditengarai tidak hanya efektif mengenalkan produk namun juga memicu penjualan.

Event yang berkesan bahkan mampu mempertahankan loyalitas pelanggan lama sehingga menjadikannya Brand Ambasador gratis. Ini berhasil dilakukan oleh beberapa brand dengan eventnya yang merajai pasar setiap tahun seperti Pekan Raya Jakarta maupun Jakcloth (Jakarta clothing festival).

Event menjadi alat marketing yang tak lekang oleh waktu. Karena meskipun dihantam oleh media marketing jenis baru yakni sosial media, event terbukti masih ampuh menjadi tempat brand meningkatkan citra merek.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa event adalah media marketing yang efektif tingkatkan personal branding:

Meningkatkan Brand Awareness dan Product Exposure

Salah satu aspek penting event bagi brand adalah meningkatkan brand Awareness dan Product Exposure. Yakni ketika event yang brand buat meninggalkan kesan baik bagi audiens dan mendorong peserta melakukan pembelian. Ada banyak strategi yang bisa kita pilih untuk menghasilkan event yang cemerlang, baik dalam bentuk tradisional maupun digital atau bahkan gabungan keduanya.

Marketing event tradisional diantaranya beriklan di surat kabar, radio , televisi dan iklan Billboard. Sementara marketing digital biasanya meliputi sosial media, email marketing,  search engine optimization (SEO) dan pay-per-click (PPC) advertising.

Adapula marketing event yang menggabungkan kedua jenis marketing tersebut yakni dalam bentuk pameran yang disiarkan secara online, atau dalam pelaksanaannya menggunakan teknologi hybrid sehingga tidak hanya menjangkau audiens yang hadir di acara melainkan juga mereka yang menonton dari layar kaca maupun smartphone.

Event yang dikemas menarik bagaimanapun media yang digunakan berpotensi menciptakan jangkauan yang luas.

Jangkauan Target Audiens

Saat memilih untuk memasarkan merek melalui acara atau event, penting untuk mempertimbangkan jenis acara yang akan menjangkau target audiens. Tidak ada batasan sebesar besar jangkauan target, karena semua bergantung pada produk yang dijual. Untuk mempermudah penetapan jangkauan pertimbangkan demografi audiens. Pilih seberapa besar audiens yang masuk akal atau memungkinkan untuk menjadi target pasar.

Mungkin dapat mengadakan seminar yang lebih kecil yang menawarkan suasana yang lebih intim dengan sumber daya yang terfokus, atau bahkan eksposisi yang lebih besar yang menyediakan tempat bagi stan besar dan banyak orang. Teliti opsi-opsi ini dan analisis siapa yang akan menghadiri acara yang mana – detail ini dapat memberi gambaran tentang arah mana yang paling sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, yang menghasilkan dampak yang maksimal.

Membangun Hubungan Kuat dengan Audiens

Event baik yang diadakan secara online maupun offline dapat membantu brand menjalin hubungan dengan pelanggan lama maupun calon pelanggan baru.Membangun hubungan yang kuat dengan calon pelanggan dan pelanggan lama merupakan fondasi dari setiap bisnis yang berkembang. Hubungan kuat dengan pelanggan efektif memastikan perusahaan berdiri kokoh di pasar yang terus berubah. Penting untuk diingat bahwa setiap interaksi dengan pelanggan harus bersifat personal dan unik karena setiap pelanggan berbeda.

Untuk menjalin hubungan yang efektif dengan calon pelanggan dan pelanggan baru,brand memerlukan strategi yang mencakup berbagai taktik seperti komunikasi langsung melalui email, panggilan telepon, atau cara lain; memastikan pelanggan tahu bahwa mereka dihargai. Watermark Indonesia selalu menerapkan ini ketika membantu brand mengadakan sebuah event. Mulai dari membuat email marketing hingga menyiarkan iklan di berbagai sosial media.

Membangun Jaringan Baru

Sebelum menyelenggarakan acara, sebaiknya tetapkan tujuan yang jelas yang ingin dicapai. Pemasaran acara dapat memberikan peluang untuk membangun jaringan dengan prospek baru dan terlibat dalam percakapan yang mengarah pada penjualan potensial. Memenuhi syarat prospek tersebut melalui interaksi langsung adalah cara yang bagus untuk membentuk hubungan yang akan membangun merek dan menciptakan kenangan. Jadi pastikan brand mendapatkan informasi lengkap dan relevan mengenai calon peserta sehingga dapat memberikan informasi maupun produk yang seirama dengan kebutuhan peserta atau audiens event. ! Dengan menetapkan tujuan sebelumnya, seseorang memiliki lebih banyak keyakinan bahwa acara semacam itu layak untuk diinvestasikan.

Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan merupakan tujuan penting bagi bisnis apa pun, tetapi dapat menjadi tantangan untuk mencapainya. Diperlukan pemikiran dan persiapan yang cermat untuk menciptakan promosi yang sukses yang akan menginspirasi konsumen untuk mengambil tindakan. Pemasaran acara memiliki kekuatan untuk meningkatkan penjualan merek. Sering kali melalui acara atau pertemuan fisik dan menciptakan peluang untuk meningkatkan penjualan.

Jadi buatlah acara semenarik mungkin, perhatikan packaging produk dan berikan informasi sedetail mungkin agar pelanggan tak harus mempertimbangkan review dari pihak ketiga hanya untuk membeli produk Anda.

Peningkatan Kredibilitas

Pemasaran acara adalah cara yang bagus untuk menunjukkan otoritas di bidang atau industri khusus. tersebut. Pamerkan kepemimpinan brand Anda dalam industri dengan menyelenggarakan acara yang menawarkan informasi unik dan berharga bagi bisnis. Setelahnya, brand dapat terus membuat konten yang terkait dengan acara hari itu seperti Tanya Jawab atau blog review. Ini memungkinkan semua orang, terlepas dari apakah mereka menghadiri acara tersebut atau tidak, mengakses wawasan baru dari para pakar industri.

Riset Pesaing

Saat mengadakan event dalam sebuah pameran industri (exhibition) brand selain berpotensi mendapatkan pelanggan baru juga berkesempatan melakukan riset pasar. Melihat bagaimana pesaing dalam industri yang sama menjual produknya. Tidak hanya riset pesaing, brand juga bisa berjejaring dengan bisnis lain dan membuka peluang untuk berkolaborasi. Cara ini efektif mendorong brand  menemukan ide-ide baru. Mengawasi pesaing memungkinkan brand untuk tetap unggul dengan mengenali celah atau kelemahan dalam penawaran mereka yang dapat  digunakan sebagai kekuatan – plus, dapatkan wawasan tentang siapa yang mereka targetkan sehingga Anda dapat merencanakan cara terbaik untuk menjangkau pembeli potensial yang sesuai.

Itulah beberapa alasan mengapa marketing event sangat penting untuk brand dalam meningkatkan personal branding dan bahkan memacu penjualan. Namun, pastikan event yang dibuat oleh profesional dibidangnya sehingga dapat meninggalkan kesan mendalam bagi para audiens.

No Comments

Post A Comment

Connect to WTM Team
Need help? Chat with Us...
Start A Conversation.
Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp.