5 Ide Event Otomotif untuk Event Organizer, Strategi Tingkatkan Brand Engagement - Watermark | PT. Sinematik Anak Bangsa
20853
post-template-default,single,single-post,postid-20853,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-3.0.1,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.5.5,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,columns-4,qode-theme-ver-28.6,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.7.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-457

5 Ide Event Otomotif untuk Event Organizer, Strategi Tingkatkan Brand Engagement

5 Ide Event Otomotif untuk Event Organizer, Strategi Tingkatkan Brand Engagement

Merancang event MICE untuk industri otomotif harus fokus pada pengalaman nyata. Tujuannya adalah menciptakan keterlibatan emosional dan interaksi langsung. Inilah yang menjadi tantang event organizer saat ini.

Persaingan di industri otomotif sangatlah ketat. Pemasaran yang baik jadi poin kunci yang dapat membantu target pasar membangun koneksi emosional dengan brand. Koneksi inilah yang dapat mengantarkan pada pembelian dan loyalitas merek.

Sebagai brand dan event organizer, kita bisa memanfaatkan saran event MICE untuk menghadirkan “iklan” yang lebih mengena untuk target konsumen.

5 Ide Event Otomotif untuk Event Organizer

Komunikasi atau pemasaran langsung melalui event telah teruji efektif menjadi strategi pemasaran dalam industri otomotif. Hal ini terbukti dengan ramainya berbagai event otomotif tanah air seperti Astra Auto Fest, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS). Apa saja ide ide event otomotif untuk event organizer tingkatkan brand engagement?

Bila Anda tertarik merancang event otomotif, berikut beberapa ide event otomotif yang bisa ditiru:

1. Event Organizer Kemas Roadshow dengan Menarik

Roadshow menawarkan peluang pra-penjualan penting bagi industri otomotif. Ini adalah kegiatan berkeliling membawa mobil yang akan dipasarakan, Rutenya, dirancang sesuai kebutuhan namun biasanya masih diarea dalam kota.

Selain itu roadshow menawarkan kesempatan eksklusif bagi para tamu untuk mengenal model baru tanpa perlu menghadiri pameran mobil, tetapi dengan nuansa “pemutaran perdana dunia” yang sama. Formt ini terbukti efektif memaksimalkan eksposur dan peluang penjualan.

Event seperti ini pernah kami lakukan bersama BYD Indonesia. Saat itu, kami menunjuk sejumlah influencer untuk mengendarai langsung BYD dijalanan ibukota. Para ifluencer pun membagikan pengalamannya langsung melalui kanal sosial media pribadi mereka.

2. Tur

Tur merupakan acara yang menawarkan pengalaman ideal bagi klien utama suatu merek. Dengan tur semacam ini, klien diberikan kesempatan mengendarai mobil mereka sendiri di rute jalan raya selama akhir pekan atau minggu khusus.

Semua rute direncanakan dengan cermat dan dirancang khusus agar para tamu dapat menikmati pemandangan yang indah dan memukau.

Tur ini memberikan kesempatan intim untuk menyelenggarakan lokakarya, makan malam bersama komunitas, kegiatan pendukung eksklusif, dan banyak lagi. Tur berlangsung selama 3–5 hari.

Event ini menawarkan kepada para tamu kesempatan untuk berbagi gairah mereka dalam berkendara dalam sebuah komunitas, dengan manfaat tambahan berupa rencana perjalanan mewah yang terencana sepenuhnya dan rute berkendara indah yang menonjolkan performa mobil mereka.

Watermark Indonesia bersama Daihatsu Indonesia pun sudah melakukan hal ini, yakni dengan Terios 7 Wonders. Bersama dengan seri terbaru Daihatsu Terios, para influencer yang ditunjuk berkeliling menggunakan mobil baru ini di beberapa destinasi terkenal di Indonesia.

3. Loyalty Event

Loyalty event adalah acara yang menghadirkan momen apa pun di mana merek Anda dapat memperkuat hubungan dan pesan yang kuat kepada klien, prospek, eksekutif, atau agen penjualan. Acara loyalitas adalah tentang memberikan kenangan yang menggugah dan melibatkan tamu untuk mendapatkan mobil dan mengendarainya.

Uji coba model baru, pengalaman mengemudi di lintasan, tur dan test drive adalah salah satu contohnya. Loyalty event biasanya didukung dengan diskusi bersama, menyantap kuliner bersama ditengah pameran mobil pop-up dan penampilan tamu VIP khusus.

Inilah yang coba event organizer Watermark Indonesia berika saat Astra Auto Fest 2025 silam. Bertanggung jawab untuk booth Daihatsu Indonesia, ada serangaikan event imersif yang coba kami berikan, salah satunya adalah test drive beberapa model terbaru dari Daihatsu.

Selain itu kami juga mengadakan diskusi dan bincang-bincang bersama para omomotif, komunitas dan pelanggan setia Daihatsu. Kreatifitas dan kolaborasi adalah kunci sukses dalam event kali ini. Sehingga pelanggan dan tim pemasaran dapat berinteraksi secara langsung.

4. VR dan Realitas Tertambah (AR)

Acara tatap muka langsung telah berevolusi. Teknologi terbaru, seperti Realitas Virtual dan Realitas Tertambah, memungkinkan kita untuk menciptakan dunia imersif bagi para tamu untuk merasakan lingkungan 3D yang dibuat khusus.

Kita dapat membuat acara pemasaran dengan pengalaman benar-benar berkesan dengan mengembangkan lingkungan yang sepenuhnya bermerek yang dapat dijelajahi tamu secara bebas.

Headset VR sekarang sepenuhnya interaktif dan segera akan menjadi lebih interaktif lagi ketika respons terhadap gerakan, isyarat, dan ekspresi wajah tamu akan dimungkinkan.

Mengintegrasikan teknologi ke dalam acara langsung sudah menjadi kenyataan. Lingkungan digital yang dibuat khusus, siaran langsung, realitas tertambah memberikan sentuhan baru pada acara dan memperkayanya dengan lebih banyak konten.

5. Pertemuan dan Konferensi Otomotif

Ini adalah acara yang memungkinkan merek, pelanggan, dan profesional di industri otomotif untuk berkumpul dan berbagi ide yang mendorong kemajuan di pasar secara keseluruhan.

Melalui presentasi yang memukau, forum diskusi, dan peluang jaringan, pertemuan dan konferensi menjadi event yang menjanjikan dalam mendatangkan pelanggan.

Salah satu manfaat utama adalah brand dapat membangun kepemimpinan dalam merek. Menyelenggarakan konferensi adalah cara yang sangat baik untuk membangun posisi kepemimpinan pemikiran di industri ini.

Konferensi juga efektif meningkatkan visibilitas merek, karena event seperti ini menarik para profesional dari seluruh dunia. Melalui antusiasme yang dihasilkan oleh acara yang diselenggarakan dengan baik, visibilitas merek dapat ditingkatkan melalui liputan media, berbagi di media sosial, dan dari mulut ke mulut.

Pertemuan puncak dan konferensi sangat bermanfaat dalam menarik talenta. Melalui peluang jaringan yang tersedia, sebuah merek dapat terhubung dengan para pemikir baru untuk bergabung serta membina potensi kolaborasi dengan merek lain.

Itulah beberapa ide event otomotif yang bisa Anda tiru untuk merancang acara yang berkualitas dan tak terlupakan.

No Comments

Post A Comment

Connect to WTM Team
Need help? Chat with Us...
Start A Conversation.
Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp.